Minggu, 20 Maret 2011

Profil Sekolah


A.           MUKODIMAH


 

Segala puji hanya milik Allah Swt  dan hanya untuk Allah ’Azza wa Jalla yang telah melimpahkan berbagai macam kenikmatan bagi kita semua. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw yang dengan perantaraan beliau, kita mengetahui mana yang hak dan mana yang batil. Mana yang bernilai ibadah dan mana yang sia sia.

Memperhatikan umat islam pada saat ini, dari hari ke hari atau dari tahun ke tahun kondisinya semakin memprihatinkan, dan terpuruk dari sisi kwalitas maupun dari sisi  kwantitas.  Apalagi kalau kita membayangkan kondisi generasi islam yang akan datang, yang mana saat ini mereka  banyak  mendapat serangan, gangguan atau pengaruh negatif, baik gangguan yang berasal dari : lingkungan masyarakat, lingkungan  pendidikan, pengaruh teknologi, globalisasi dan informasi, pengaruh pergaulan dan lain sebagainya. Yang mana sebagian besar  pengaruh-pengaruh  tersebut bernuansa sekulerisme sehingga iman dan aqidah seorang anak lambat laun akan menjadi tipis dan hilang. Terlebih lagi misionaris yang gencar dengan misi kristenisasi di beberapa daerah, hal tersebut merupakan proses pemurtadan serta penipisan iman secara sistimatis dan perlahan sehingga kita semua tidak  menyadari akibat yang terjadi.

Kita sebagai seorang muslim yang mengakui selalu mendapat kenikmatan dari Allah SWT. Tentunya merasa prihatin dan akan tergugah hatinya apa bila melihat kondisi keterpurukan saudara saudara kita. Oleh sebab itu kami menghimbau dan mengajak kepada saudara seiman dan seaqidah untuk bersama-sama membantu menolong agama Allah, dengan cara merintis Pendirian Sekolah Dasar Islam yang mengutamakan keberpihakan kepada saudara kita yang berekonomi lemah, dengan sistim pendidikan yang integral dan pengelolaan yang lebih profesional. Sehingga kelak sekolah tersebut diharapkan  bisa menghasilkan anak didik yang sholih, cerdas, sehat  dan mandiri. 


B.           IDENTITAS SEKOLAH


 

1.    Nama sekolah                   :     Madrasah Ibtidaiyah Integral
Makna Integral secara bahasa : keseluruhan; meliputi seluruh bagian yg perlu untuk menjadikan lengkap; utuh; bulat; sempurna, tidak secara sebagian-sebagian;

Makna Integral secara Istilah : pendidikan yang menyeluruh, lengkap dan utuh; ilmu pengetahuan dengan agama, teori dengan praktek, menyeluruh dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, dunia dengan akherat, tanpa memisahkan satu dengan yang lain ( Sekulerisme ).

2.    Maskot sekolah               :     Sekolah Islam Berwawasan Entrepreneurships
3.    Alasan memilih MI          :
1)      Madrasah sesuai dengan visi dakwah Islamiyah kepada anak melalui dunia pendidikan
2)      Kurikulum pendidikan agama lebih luas cakupannya dan lebih banyak jam pelajarannya dibandingkan dengan pelajaran agama di SD.
3)      Harapan  masyrakat menghendaki kecerdasan iptek  dan ilmu agama secara integral.
4)      Pusat pembentukan aqidah anak yang efektif sejak dini secara integral.

4.    Visi                                        :     Terbentuknya generasi islam yang sholih, cerdas, sehat dan mandiri.

5.   Misi                                       :  1)    Mendidik, mengajarkan dan mengimplementasikan ajaran-ajaran islam, sehingga terbentuk anak didik yang sholih yang menjadikan islam sebagai  pedoman/jalan hidupnya.
2)         Mengajarkan berbagai disiplin ilmu secara integral dengan mengembangkan potensi multi intelegence sehingga anak didik menjadi cerdas dengan tetap berpegang pada keislaman.
3)         Mengajarkan, melatih dan membiasakan cara hidup sehat sehingga anak akan menjadi generasi yang kuat secara fisik dan mentalnya.
4)         Mengajarkan, melatih, mengembangkan budaya kreatif sehingga anak didik tidak sekedar menjadi bangsa yang memiliki budaya konsumtif tetapi memiliki budaya produktif sehingga bisa mandiri dalam bidang sosial ekonomi.
5)         Membina, mengarahkan dan membantu orang tua /wali murid yang lemah dalam bidang  aqidah dan sosial ekonominya, sehingga dapat terangkat martabat dan derajatnya di hadapan Allah SWT dan di mata manusia.
6.    Rencana pendirian          :     Tahun Pelajaran 2011 / 2012
7.    Warna identitas               :     Hijau, Biru, dan Coklat
8.    Target siswa                      :     48 siswa dengan 2 kelas @ 24 siswa, Siswa putra dan putri terpisah,
Maksimal 40 % untuk anak  mampu ( Keuangan ),
Minimal 60 %  untuk anak yang tidak mampu.
9.    Lokasi sekolah                  :  Tosarirejo RT 09 RW 06 Jaraksari Wonosobo 56311
·      Masa perintisan ( 1-3 tahun ) sewa lahan
·      Masa pembenahan ( 3-6 tahun ) pembelian lahan dan pembangunan gedung sekolah secara permanen
·      Masa pemantapan ( > 6 tahun )           

C.            LANDASAN PENDIRIAN SEKOLAH


 



Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.  (Q,S. An Nisaa : 9)
 
Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka Telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. ( QS. At Taubah : 122 )





 
“Sampaikanlah berita itu kepada hamba- hamba-Ku, Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. mereka Itulah orang-orang yang Telah diberi Allah petunjuk dan mereka Itulah orang-orang yang mempunyai akal.
( QS. Az Zumar : 17 - 18 )

Katakanlah: "Hai ahli Kitab, Marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara Kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah". jika mereka berpaling Maka Katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa Kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". ( QS. Ali Imron 64 )

D.           FUNGSI SEKOLAH


 

Sekolah sebagai tempat yang menyenangkan sehingga berfungsi sebagai :
·           Learning  Community Center (PKBM)
·           Pusat Penanaman Aqidah Islamiyah ( Islamic Center )
·         Pusat kreativitas dan pengembangan diri  anak (self empowering)
·          Green School ( Belajar dari alam )
·           Laboraturium pendidikan
·         Tempat belajar dan bermain yang menyenangkan ( joyfull learning )

E.            PROGRAM SEKOLAH


 

1.       PROGRAM UNGGULAN
Muatan Lokal Sekolah berupa mata pelajaran Entrepreneurships
Dengan program tindak lanjut seperti Business Day, Research Program, Charity Day, dll
2.       PROGRAM PENUNJANG
  Green School
  Competition Program ( Reward & Punishment )
  Life Skill Program
  Islamic Integration Programs
  Out Bond Kids, Out Door Activity, Field Trip
F.            TARGET STANDAR KOMPETENSI LULUSAN


 

KOMPETENSI UMUM
  I  = iradah qawiyyah - enthusiastics (kemauan yang kuat) dan tidak mudah putus asa selalu memberikan kekuatan untuk berprestasi tinggi
  N = nafi'un lighairihi - useful (bermanfa'at bagi orang lain) - intelektual dan entrepreneur terbaik harus bermanfaat bagi orang lain  
  T = tenacity kegigihan - Quwwatul Jismi (kekuatan) - memiliki jiwa raga yang sehat dan kuat sehingga gigih memperjuangkan Dienullah.
  E = excellent Knowledgeable  Mutsaqqoful fikri – (unggul dalam ilmu dan wawasan ) merupakan hal dasar untuk mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global
  G = good behavior - ahlaqul Karimah- berahlaq baik, ahlaq yang baik penunjang dalam berkomunikasi.
  R = religious - Shohihul Ibadah - mengimplementasikan tata cara ibadah secara benar sesuai uswah Rosulullah saw.
     A = aqidatus salimah - akidah yang bersih - memiliki kemampuan menjadikan Al Qur’an & As Sunnah sebagai landasan berfikir dan pengambilan setiap keputusan.
  L = leadership - qodirun ‘alat tandzim- memiliki jiwa kepemimpinan

KOMPETENSI KHUSUS
  Menguasai conversation dasar Inggris
  Hifdzul Qur’an minimal  juz 30
  Mampu menerjemahkan ayat-ayat Juz 30
  Hifdzul do’a – do’a harian
  Hifdzul hadist minimal 100 hadist dengan artinya.
  Tartil dalam Baca Tulis Al Qur’an

G.           TUJUAN PENDIRIAN SEKOLAH
                      
  1. Pembendungan misi kristenisasi terutama mencegah dan atau membendung anak-anak muslim yang bersekolah di sekolah non muslim.
  2. Sebagai lahan da’wah pembentukan aqidah, akhlak dan ibadah islamiyah, terdepan dalam teknologi dan mandiri dalam bidang sosial ekonomi melalui dunia pendidikan anak-anak.
  3. Memberikan kesempatan kepada anak – anak dari kalangan ekonomi lemah untuk mendapatkan pelajaran agama dan umum secara layak dan berkwalitas.
  4. Memberikan sistem pendidikan secara integral dan menjauhkan sistem yang menjurus kearah sekulerisme.   
  5. Sebagai lahan/tempat untuk beramal shalih untuk para pendiri, pengurus , pengelola, anggota, donatur  yayasan, orang tua dan wali murid, para simpatisan yang kesemuanya itu dilakukan dalam  rangka  mencari keridhoan Allah SWT.

H.           NAUNGAN YAYASAN
                      
§  Rencana pendirian sekolah ini diprakarsai dan dibawah naungan yayasan Ash-Shaaf Wonosobo.
§  Para pengurus dan anggota Ash-Shaaf terdiri dari berbagai kalangan muslim yang seiman dan seaqidah tanpa memandang latar belakang golongan/kelompok yang berbeda.
§  Anggota  Ash-Shaaf bersifat terbuka untuk muslim  yang prihatin  dan peduli terhadap kondisi anak-anak muslim  yang terancam aqidahnya dikarenakan kuatnya pengaruh; budaya sekuler, Pendidikan yang mengesampingkan ajaran agama, lingkungan yang serba longgar dan bebas dari nilai-nilai islami, minimnya pemahaman orangtua dalam agama, Kristenisasi yang sistematis dan lain sebagainya.               

I.              GARIS-GARIS BESAR SISTEM PENDIDIKAN
                      
  1. Pembelajaran   diadakan  dengan sistem integral.
  2. Kurikulum dari Diknas dan Depag serta Kurikulum integral dari Yayasan.
  3. Pengelompokan kelas antara putra dan putri dipisah sejak kelas I
  4. Kapasitas  dalam 1 ruangan adalah  24 anak dengan  1 guru  Kelas dan dengan satu orang guru asisten.
  5. Hafalan surat, hadist, doa doa , Baca Tulis Al qur an, Praktek ibadah diberikan secara terencana, terpadu, terarah dan berkesinambungan.
  6. Pendidikan mengutamakan Pembiasaan Akhlakul Karimah anak seperti: mengucapkan salam ,berjabat tangan, bicara sopan, solat berjamaah.bersodaqoh, cara makan yang benar, cara berbicara yang santun, menghormati sesama, dll.
  7. Penggalian bakat atau pengembangan potensi pribadi anak dilakukan secara terprogram  yang dibimbing oleh guru pembina yang ahli dan menguasai bidangnya.
  8. Pembelajaran dengan  mengedepankan pendekatan pada pribadi anak, dengan cara:
Ø  yang lebih alami (sesuai dunia dan usia anak) dan
Ø   islami ( selalu berorentasi pada nilai-nilai islam dan mengacu pada keteladanan Rosululloh dan para sahabat).
  1. Mengoptimalkan Multi Intelegence, merubah anggapan dan keyakinan umum,yang menganggap bahwa kecerdasan seorang anak itu cukup dinilai  dari nilai akademis saja. Tetapi yang benar adalah bagaimana seorang anak itu mampu mengembangkan dan memaksimalkan potensi bakatnya sehingga menjadi salah satu dari keunggulan pribadinya.


J.              SISTEM PEREKRUTAN SISWA
                                
1.       Bagi anak –anak tidak mampu secara Ekonomi tanpa seleksi akademis, seleksi berdasar hasil survai latar belakang keluarga orang tua/wali murid.
2.       Kapasitas penerimaan murid baru disesuaikan dengan kapasitas kemampuan yayasan.
3.       Anak-anak dari ekonomi mampu bisa diterima sebagai siswa dengan memberi subsidi silang 
4.       Anak-anak tidak mampu bebas biaya sekolah sesuai kemampuan yayasan.
.
K.            SISTEM PEREKRUTAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
                                

  1. Seseorang bisa diterima  menjadi kepala sekolah, guru maupun karyawan setelah Lulus Seleksi yang diadakan oleh yayasan.
  2. Memiliki aqidah yang lurus, akhlakul karimah, keikhlasan mengabdi pada Allah, dan memiliki ghiroh Islam yang tinggi.
  3. Memiliki kemampuan hafalan jus Amma, Hadits –hadits pokok, doa-doa dll.
  4. Menguasai ilmu Metodik Dikdaktik pendidikan anak –anak.
  5. Menguasai IT yang mendukung proses KBM.
  6. Memiliki pengalaman mengajar.
  7. Dan lain lain sesuai yang ditetapkan Yayasan


L.             MANAJEMEN PENGELOLAAN
                 
    a.   Yayasan Ash-Shaaf  berkewajiban :
1.       Mengusahakan dan memenuhi semua kebutuhan biaya operasional sekolah.
2.       Menyiapkan kebutuhan fisik seperti : lahan, gedung dan semua fasilitas lainya.
3.       Meneliti, mengarahkan, dan menentukan jalannya proses pendidikan agar terlaksana sesuai dengan visi dan misi yayasan.     
4.       Menentukan personil pengelola sekolah : Kepala sekolah, Guru dan karyawan.
5.       Yayasan bersama sekolah merancang dan menentukan program sekolah.
6.       Menentukan kebijakan pengelolaan sumber keuangan sekolah.
7.       Bertanggung jawab atas kesejahteraan guru dan karyawan sesuai kemampuan yayasan.
                                                                                                            
  b.   Pengelola sekolah berkewajiban :
1.       Mengajukan, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan program sekolah beserta anggarannya kepada Yayasan.
2.       Fokus dalam menjalankan program sekolah sehingga sekolah semakin berkembang secara kwalitas dan kwantitas 
3.       Selalu berkoordinasi  dengan yayasan ketika mengambil kebijakan sekolah.


M.        SUMBER PENDANAAN
                 
  • Biaya operasional sekolah dan dana pengembangan / kemajuan sekolah diusahan, dikelola dan dipertanggung jawabkan oleh yayasan Ash-Shaaf.
  • Sedang sumber sumber dana diperoleh dari :
1.       Pengurus dan anggota yayasan Ash-Shaaf.
2.       Para donatur tetap maupun tidak tetap.
3.       Subsidi silang dari murid yang  mampu dalam sisi ekonomi.
4.       Sumber-sumber pendanaan yang telah jelas kehalalanya.
5.       Hasil usaha /bisnis yang dikembangkan oleh yayasan Ash-Shaaf
6.       Bantuan yang tidak mengikat, dll.


N.          PENGURUS YAYASAN ASH-SHAAF
                 
Jabatan
Nama
Alamat
Latar Belakang




Pembina
Sugeng Pribadi
Tosarirejo Wonosobo
Mantan Guru SMU Muh Wsb
Mantan Kepsek MIM Sudagaran
Terapis Klinik Sehat Alami AL BAIN

Penasehat
Ust. Musbichun Munawar
Kalibeber Wonosobo
Da’i,  Alumni Ponpes Gontor

Ust.  Nurrofiq
Kalibeber Wonosobo
Da’i, Alumni Ponpes Al Mukmin Solo


Ust. Nasihun
Sambek Wonosobo
Alumni Ma’had Bhisha Arab Saudi




Ketua

Amin Supriyanto, S.Pd.
Ngasinan Wonosobo
Mantan guru Matematika SMA 1 Wonosobo
Mantan guru Matematika SMA Takhasus
Guru Matematika SMP Kejajar 2

Sekretaris
Firman Cahyadi, MM.
Tosarirejo Wonosobo
Kementrian Tenaga Kerja & Transmigrasi Wonosobo

Bendahara
Agus Edi S.
Tosarirejo Wonosobo
Desain Interior
Wirausahawan



Jabatan
Nama
Alamat
Latar Belakang
Sie Pendidikan,Peningkatan dan Pengembangan SDM

Hj. Afsah, S.Pd.
Tosarirejo Wonosobo
Consultan Pendidikan pada :
1.       Al Bayyinah,  DI Aceh
2.       Sevilla, Kalimantan Timur
UNICEF DI Aceh

Sie Penggalangan Dana dan Perekrutan Anggota
Wahyu Pradiwati, S.Pd.
Sudagaran Woosobo
Guru Matematika SMA Muh Wsb
Dirut Bimbingan Belajar DITA

Sie Hubungan Masyarakat
Yuwono
Wonobungkah Wonosobo
Mantan Kepala SDM Sudagaran      
Mantan Kepala SD MBF Al Adzkiya

Sie Pembangunan dan Pengadaan Sarana Prasarana
Wahyu Hilman
Tosarirejo Wonosobo
Wirausaha

Sie Pengembangan Usaha Produktif
Neny Tri Wulandani
Bugangan Wonosobo
Takaful Financial Consultant
Wirausaha

Anggota
Syukur, S.Ag.
Bugangan Wonosobo

Badko TPQ Wonosobo
Dirut Sekolah Qur’an Bina Insan


Ust. Didik Hariyanto, S.Ag
Tosarirejo Wonosobo
Da’i, Wirausaha

Heri Setyawan
Tosarirejo Wonosobo
Penunjang Medis RSUD

Raswanto
Purbalingga
Ponpes Nurul Huda Purbalingga
Tem Rescue SAR Purwokerto






Tidak ada komentar:

Posting Komentar